Friday, May 25, 2012

Bismillah&Asma ul Husna




Kalimat diatas adalah kalimat pertama yang ditulis di Al Qur'an, dan adalah ayat pertama dari 6666 ayat Al Qur'an .Dan ayat ini terdiri 30 juz dengan jumlah suratnya 114 surat, tiap-tiap suratnya di awali dengan kalimat " BISMILLAHIRROHMANIRROHIM " terkecuali surat " AT TAUBAH " 

Bismillahhirrohmanirrohim terdapat 19 asma-asma Allah yang agung dari 99 " ASMAA- UL HUSNA ".
Yang terkandung di dalam huruf- huruf Bismillahirrohmanirrohim adalah :
1). Asma Allah yang ke 79 " Ya Barru " ( yang maha baik) .

Maksudnya barang siapa yang saat memulai pekerjaannya dengan membaca Bismillahirohmanirrohim, maka ia akan mendapat kebaikan dan akan diterima banyak orang, walau pekerjaan itu sedikit tetapi sangat berarti bagi orang lain . Apabila mengadakan perjalanan jauh baik lewat udara, laut dan darat bacalah Bismillahirrohmanirrohim sebanyak 21 kali ataupun lebih, Insya Allah akan selamat pulang pergi.

2). "SIN" adalah asma Allah yang ke 6, huruf kedua dari Bismillahirromanirrohim "Ya Salam " ( yang memberi keselamatan). Tidak ada manusia yang tidak ingin selamat, apalagi keselamatan adalah pokok utama dalam menjalani kerutinan hidup sehari-hari. Maka dari itu sebelum datang bencana hendaklah kita selalu mendekatkan diri kepada Allah, dan bagi yang menderita penyakit yang sulit disembuhkan maka berzikirlah dengan asma ini semampunya dan usapkan ditempat yang sakit dan lakukanlah berulang-ulang sampai Allah menurunkan ridho -Nya.

3). Huruf ke 3 dari Bismillahirrohmanirrohim adalah asma Allah yang ke 25 " Yaa Mu'izzu". ( yang memuliakan). Asma ini sangat baik sekali bagi para pemimpin, karena dengan berzikir dengan asma Allah akan memberi kemulyakan, kewibawaan dan kharisma. Sebaiknya diamalkan setiap malam Jum'at dan malam Senin denga hitungan 141 kali. Insya Allah hasilnya dapat dilihat dihati manusia yang telah membacanya, seperti bagaikan getaran hati binatang bila melihat macan.

4). " ALIF" adalah huruf ke 4. Alif ini alif Allah yang lafadhnya disebut " Ismudzdzaat " atau "Jalalah". Alif ini alif mutakallimun wahid yang maksudnya adalah Allah berkata-kata dengan sendirinya tanpa ada aturan dari yang lain. Apabila kita menyebut "Allah", dan alif itu benar-benar masuk ke dalam hati, maka ini akan membuat kita bisa jadi PD ( percaya diri) dan tidak minder. Dan keyakinan yang begitu dalam,sehingga apa yang terasa dihati itulah yang dikatakannya, tidak suka berpura-pura, ambil muka asal orang senang dan punya sinar mata kejujuran.

5). "LAM". Adalah huruf ke 5 dalam Bismillahirrohmanirrohim. Lam ini adalah " Lam Takdi ". Ini menunjukkan Allah itu Maha Kaya, Maha Gagah dan Maha Perkasa. Maka dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim Insya Allah akan mendapatkan tiga kekuatan ini.

6)."LAM". Lam kedua dari kata Allah menunjukkan bahwa Allah itu Maha Suci Maha Bersih. Lam ini disebut juga "Lam Zayyida"

7). "HA". Huruf ke 7 dari Bismillahirromanirrohim adalah "Hawiyah". Kalimah dzat,perpaduan dari asma Allah " Alif - Lam- Lam- Ha ". yaitu dzat yang menciptakan tujuh petlah langit dan tujuh lapis bumi beserta isinya. Lafadz inilah yang memiliki selendang kebesaran Allah.

8). "ALIF". Huruf ke 8 dari Bismillahirromanirrohim adalah alif "Ilham" (petrunjuk yang baik). Orang yang memulai pekerjaan dengan Bismillahirromanirrohim, insya Allah akan selalu mendapat petunjuk -petunjuk yang baik dari Allah, sehingga dari pekerjaan satu kepekerjaan yang lainnya selalu mendapat rahmat dari Allah..

9)."LAM". huruf Bismillahirrohmanirrohim yang ke 9 adalah asma Allah ke 31,"Yaa Lathiifu" ( Yang Maha Penyantun). Sangat baik sekali untuk diamalkan agar Allah memberi taufik dan hidayahnya serta mambuka pintu rizki berkat asma- Nya ini.

10). "RO". Huruf ke 10 dari Bismillahirohmanirrohim adalah asma Allah yang ke 2, Yaa Rahman" ( Yang Maha Pemurah). Mengamalkan asma ini menjadikan hati kita terang benderang ,menghapus sifat pelupa dan sifat gugup. dan timbul juga dihati sifat pemurah dan setiap urusan akan di gampangkan oleh Allah.

11) "HA". Huruf ke 11 dari Bismillahirromanirrohim adalah asma Allah yang ke 63. "Yaa Hayyu" ( Yang Maha Hidup). Berzikir dengan asma ini akan mengisi hati dengan kalimah tauhid dan iman, sehingga akan terlepas dari sifat munafik, syirik, dengki, congkak,dendam dan sebagainya sifat- sifat yang di benci Allah. Dengan demikian jiwa kita akan menjadi tenang untuk menghadapi berbagai problema hidup.

12) "MIM". Huruf ke 12 dari Bismillahirrohmanirrohim adalah asma Allah yang ke7, "Yaa Mu'minu"
(Yang memberi Keamanan). Asma ini bila kita menginginkan keluarga kita, harta benda kita dapat menjadi aman dari gangguan dan sebagainya, maka sangat baik sekali di jadikan amalan harian.

13). "NUN". Adalah huruf ke 13 dari Bismillahirrohmanirrohim ini asma Allah yang ke 93. "Yaa Nuuru" 
(Yang Menjadikan Cahaya). Cahaya adalah penembus alam gelap, gelapnya hati adalah Neraka dalam kehidupan, dan asma ini mengandung khasihat untuk memohon terang hati dan jiwa kepada Allah sehingga terbukanya pintu ma'rifat.

14). "ALIF". Huruf ke 14 dari Bismillahirrohmanirrohim alifnya adalah alif "Istiqomah". Orang yang memulai sesuatu pekerjaan baik dengan Bismillahirohmanirrohim tanda orang tersebut tunduk dan patuh kepada Allah. Alif ini juga disebut alif " Ikhlas", sebab apabila sesuatu pekerjaan di mulai dengan ikhlas, maka artinya sangat besar sekali di sisi Allah maupun dalam pandangan manusia.

15). "LAM". Adalah huruf ke 15 dari Bismillahirrohmanirrohim. Lam ini adalah lam "Jalalah" (Selendang Kebesaran Allah). Pekerjaan yang dimulai dengan Bismillahirohmanirrohim akan jadi perhitungan baik lawan maupun kawan, karena didalam pekerjaan tersebut ada tangan (kekuasaan) Allah yang menyelesaikannya.

16) "RO". Huruf ke 16 dari Bismillahirromanirrohim adalah asma Allah yang ke 98. Yaa Rasyiidu" (Yang Maha Pandai) yang maksudnya selalu ada ide-ide baru atau cepat mengambil keputusan, cerdas dalam menyelesaikan masalah dan tegas menegakkan disiplin.

17) "HA". Adalah huruf ke 17 dari Bismillahirrohmanirrohim. Ini adalahasma Allah yang ke 41 "Yaa Hasiibu" ( Yang Maha Menghitung). Orang yang berzikir dengan kalimat ini sangat baik sekali, sehinga bila dia akan memulai pekerjaan tidak tergesa-gesa, penuh perhitungan cermat, untung rugi, baik buruk dan bermanfaat atau tidak, semua dapat dikaji dengan matang dan barulah ia melakukannya. Asma ini juga baik bagi yang sedang memegang kedudukan untuk mengamalkannya. Karena dalam kehidupan kita lawan itu tidak selalu datangnya dari orang lain, tetapi bisa dari saudara, keluarga, kawan dekat, anak, bahkan istri atau suami kita sendiri. Seperti kata pepatah yaitu "Ragukan semua orang tapi Diri jangan " InsyaAllah bila itu terjadi semua usaha mereka akan sia-sia.

18). "YAA". Huruf ke 18 dari bismillahirrrohmanirrohim adalah kalimat "Yuhyii Wa Yumiitu" (Yang Menghidupkan dan Yang mematikan), artinya disetiap pekerjaan yang kita kerjakan hanyalah Allah penentunya.

19). "MIM". Huruf terakhir dari Bismillahirrohmanirrohim adalah dari asma Allah "Yaa Maalikul Mulki"
(Yang Memiliki Kerajaan). Kedudukan dan kekuasan, kekayaan dan sebagainya adalah milik Allah, bila dia akan mengambilnya hanyalah dalam sekejab mata, dan apabila Allah akan memberinya pun hanya sekejab mata. Oleh sebab itu janganlah lalai dalam mengingat Allah agar apa saja yang kita cintai dan miliki selalu dalam ridho-Nya. Demikianlah kelebihan, kebesaran, keagungan dan kedahsyatan dari Bismillahirromahnirrohim.

Zikir Empat Membuka Gerbang Makrifat

1. Subhaanallah, yang artinya Maha Suci Allah.
2. Alhamdulillah., yang artinya Segala Puji bagi Allah.
3. Laailaaha Illallaahu, yang artinya Tiada Tuhan Selain Allah
4. Allaahu Akbar, yang artinya Allah Maha Besar.

1. "SUBHAANALLAH " : " Maha Suci Allah ".
Orang yang membaca kalimat ini hatinya akan menjadi terang benderang

2. "ALHAMDULILLAH" : " Segala Puji Bagi Allah "
Alhamdulillah adalah kalimat kedua zikir bagi para malaikat penjujung Aras dan juga terdapat pula zikir kepada Tuhan mohon tambahan ( Anugerah ),karena " Alhamdulillah adalah pokok syukur terima kasih ( kepada Allah ), maka tidak dianggap bersyukur kepada Allah bila seorang hambanya ada yang belum memuji kepada-Nya dengan membaca " Alhamdulillah". Betapa banyaknya nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita, tetapi kebanyakan manusia tidak mensyukurinya. Manusia cuma bisa menuntut kenikmatan, bila sedikit saja Allah menegurnya, maka ia akan mengeluh. Padahal dalam hal mandi pagi saja, apa pernah kita bersyukur mengucapkan Alhamdulillah ketika air mengguyuri tubuh kita yang mendatangi kesegaran yang sangat luar biasa ? Alhamdulillah bukan saja sebagai ucapan rasa syukur, tetapi kalimat ini juga sangat baik untuk makanan jantung kita, karena Jantung sebagai pengatur aliran darah yang sampai pada tingkat paling rumit di syaraf-syaraf otak juga buat melapangkan dada dan jalan hidup yang di rahmatkan Allah.

3. "LAA ILAAHA ILLALLAAHU" : "Tiada Tuhan selain Allah". 
Ini termasuk zikir yang paling utama karena didalamnya terdapat satu pengertian yang tidak terdapat pada zikir lainnya, yaitu pengertian menetapkan sifat-sifat ke- Tuhanan bagi Allah, serta tidak memberikan sifat-sifat ke- Tuhanan kepada selain Allah. Kalimat ini disebut juga dengan kalimat Tauhid. Dimana dalam kalimat ini terdapat 3 unsur kekuatan. Yaitu dapat menimbulkan ketenangan, kemantapan, keyakinan diri yang sangat tinggi.

4. "ALLAHU AKBAR" : "Allah Maha Besar".
Kalimat akbar ini mampu membangkitkan semangat beribu-ribu orang, dan menjadikan kalimat ini sebagai amalan sehari-hari. Allahu Akbar adalah kalimat zikir yang menjadi makanan usus, maksudnya, usus sangat berfungsi sebagai penghancur semua makan yang masuk dari mulut. Dan wajar bila selalu diberi makanan dengan kalimat Allahu Akbar.


berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Post a Comment